GLOBAL WARMING


Pemanasan global (Inggris: global warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi ) .
Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia”.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Penyebab pemanasan global :

v  Penyebabnya adalah dari aktivitas manusia ( misalnya, membakar hutan ) yang menyebabkan lapisan atmosfer semakin menipis sehingga bumi kita semakin panas.

Dampak pemanasan global

·         Iklim mulai tidak stabil

·         Peningkatan permukaan laut

·         terus mencairnya es di daerah kutub utara dan kutub selatan

·         Perubahan Iklim/cuaca yang semakin ekstrim

·         Gelombang Panas menjadi Semakin Ganas

·         Habisnya Gletser- Sumber Air Bersih Dunia

·         Penyakit tropis menyebar, malaria, demam dengue, demam kuning menyebar ke daerah yang sebelumnya tidak pernah dijangkiti, dan bukan hanya itu, penyakit ini diketahui menjadi semakin ganas.

·         Hutan amazon akan berubah menjadi gurun

·         Angin topan bertiup lebih dasyat

·         Hewan-hewan menyusut

 

Cara mencegah pemanasan global :

  1. Memakai listrik secukupnya, misalnya lampu dan AC kamar dimatikan saat tidak terpakai. Ini dilakukan agar mengurangi emisi CO2 (sebagian pembangkit tenaga listrik di Indonesia masih menggunakan tenaga diesel yang butuh solar atau tenaga uap yang butuh batu bara),
  2. Jangan mencemari air, misalnya jangan membuang kertas tisu ke toilet,
  3. Menggunakan air seperlunya, misalnya mandi dengan shower akan lebih hemat air daripada dengan gayung,
  4. Mencintai dan memelihara tumbuhan dan tanaman.

0 komentar:

Posting Komentar